Wisata Sejarah

Waktu Terbaik Traveling ke India

Waktu Terbaik Traveling ke India

Musim India dapat beragam seperti populasinya sendiri, yang berarti bahwa untuk mengunjungi India pada musim tertentu dan mengharapkan kondisi yang stabil dan konsisten dapat menimbulkan banyak kejutan. Sementara musim dingin di puncak utaranya bisa memicu radang dingin, musim yang sama bisa berarti sinar matahari yang tak kenal ampun di negara-negara selatannya.

Apa ini pada dasarnya berarti adalah bahwa tidak ada satu musim yang sempurna atau waktu dalam setahun untuk mengunjungi panjang dan luasnya India. Namun, jika ada perjalanan untuk Anda, berikut ini semua yang perlu Anda ketahui tentang bagian negara mana yang harus dikunjungi beserta dengan musimnya.

Musim Semi

India populer di seluruh dunia karena warna-warninya dan merupakan musim semi yang menonjolkan atribut terbaik. Mungkin aspek yang paling populer musim ini adalah festival musim semi India Holi, yang identik dengan warna di seluruh dunia. Festival ini merayakan awal musim semi dan dirayakan dengan penuh semangat di sabuk Gangga utara negara itu, dan khususnya di negara bagian Uttar Pradesh dan Bihar. Jika liburan musim semi ke India ada di pikiran Anda, rencana perjalanan Anda idealnya akan didominasi oleh tujuan di bagian utara negara itu, terutama bukit-bukit dan lembah-lembahnya yang indah seperti Lembah Parvati, Kasol dan Spiti.

Namun, ini tidak berarti bahwa jika Anda mengunjungi India pada musim semi. Sementara di negara-negara seperti musim semi Tamil Nadu dan Andhra Pradesh hampir tidak dapat dibedakan dari musim panas, ada beberapa tujuan di bagian negara ini yang pantas dikunjungi selama musim semi seperti Ooty di Tamil Nadu, yang populer dengan taman penuh warna atau pemandangan yang indah. Lembah Araku di Andhra Pradesh.

Musim Panas

Musim panas di India identik dengan liburan ke banyak ‘stasiun bukit’. Tujuan-tujuan indah ini tersebar di seluruh negeri dan dipopulerkan oleh Inggris selama masa penjajahan sebagai tempat berlindung dari panasnya cuaca India selama musim panas. Dari tempat-tempat seperti Nainital, McLeodgunj, dan Mussoorie di Utara dan Darjeeling dan Shillong di timur, ke destinasi spektakuler seperti Kodaikanal, Munnar, dan Wayanad di selatan, Anda tidak pernah terlalu jauh dari stasiun bukit di bagian mana pun dari negara.

Paradise musim panas ini membentuk bagian integral dari setiap liburan India dan menjadikan beberapa tujuan wisata paling populer di negara ini. Namun, stasiun bukit bukan satu-satunya destinasi yang patut dikunjungi di musim panas. Destinasi pantai seperti Goa, Kerala, dan Orissa sama populernya dan benar-benar tempat terbaik untuk mendapatkan cokelat sempurna yang Anda cari.

Destinasi musim panas hebat lainnya di negara ini termasuk surga es Kashmir seperti Gulmarg, Leh-Ladakh dan Sonmarg dan pegunungan Himalaya yang spektakuler, yang hampir mustahil untuk dilalui di musim dingin.

Musim Hujan

India mendapat sebagian besar hujannya dari angin barat daya dan timur laut yang melintasi seluruh negara itu masing-masing pada Juni-Juli dan Oktober-November. Meskipun hujan sering kali dapat merusak rencana liburan di India, sebaliknya, menjadikannya sebagai liburan terbaik. Bulan-bulan musim hujan adalah yang paling ajaib di semenanjung India. Kunjungan selama bulan Juni-Juli paling baik dihabiskan di negara-negara seperti Kerala, Goa, Karnataka, dan Maharashtra, yang menerima hujan dari angin barat daya. Wilayah lain yang sangat diuntungkan oleh musim hujan barat daya adalah India timur laut, yang menerima curah hujan selama bulan Agustus-September. Mengenai angin timur laut, Tamil Nadu adalah satu-satunya negara bagian yang dianggap sebagai musim hujan primer, dengan destinasi seperti Kodaikanal membuat pengalaman hebat selama bulan November-Desember.

Musim Dingin

Sementara musim dingin hampir tidak ada di bagian selatan negara itu, musim paling baik dialami di bagian utara negara di mana ia dikaitkan dengan kegiatan musim dingin seperti ski. Salah satu pengalaman terbaik dan paling ekstrem untuk dimiliki selama musim ini adalah Chadar Trek di Zanskar Gorge, yang melintasi sungai yang membeku hanya pada bulan-bulan musim dingin. Musim dingin juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi destinasi di Rajasthan yang merupakan rumah bagi Gurun Thar dan terlalu panas di bulan-bulan musim panas. Destinasi seperti Jaipur, Jaisalmer, Pushkar di Rajasthan dan Kutch di Gujarat adalah beberapa pilihan terbaik untuk liburan musim dingin ke negara itu. Jika sinar matahari adalah yang Anda cari, maka destinasi seperti Goa atau Maharashtra juga bisa menjadi pilihan tepat untuk musim dingin, karena kondisinya jauh lebih menyenangkan selama musim.

Jangan lupa mengenakan baju gamis batik untuk wanita yang suka traveling.