Wisata Alam Wisata Pantai

Cara Memanjakan Diri Anda Saat Berada di Lombok

Cara Memanjakan Diri Anda Saat Berada di Lombok

Pulau Lombok yang terletak di Nusa Tenggara Barat hampir head-to-head dengan pulau tetangganya, Bali, dalam persaingan menarik wisatawan asing dan domestik. Lombok dapat dikategorikan sebagai salah satu tujuan wisata lengkap dengan sumber daya alamnya yang fantastis mulai dari Gunung Rinjani hingga pantai yang eksotis dan jarang dikunjungi termasuk pantai Kuta, Tanjung Aan, serta pulau-pulau kecil yang menarik (dikenal sebagai Gili).

Ada enam cara yang dapat diterapkan oleh backpacker atau non-backpackers untuk memaksimalkan kesenangan berlibur di pulau tersebut.

  1. Bersiaplah dengan baik dengan rencana perjalanan. Spontanitas dalam mempersiapkannya kadang-kadang bisa lebih mengasyikkan, tetapi mereka seharusnya menjadi subjek untuk dilewati jika Anda hanya punya waktu untuk berlibur. Temukan sebanyak mungkin informasi tujuan dari internet seperti akomodasi, transportasi, jarak dan lama mengunjungi satu tempat ke tempat lain. Melakukannya akan menghalangi Anda dari konflik ide atau menghabiskan waktu untuk mendiskusikan tujuan terutama jika Anda berlibur bersama.

Salah satu situs membantu Anda menemukan informasi tentang festival yang biasanya diadakan di Lombok. Sebagai contoh, Malena Sapi diadakan pada bulan Juli di Lombok Barat dan Festival Senggigi diadakan di desa Batu Layar, Kabupaten Lobar, Lombok Barat.

  1. Dibutuhkan lebih banyak uang jika Anda harus menyewa mobil dibandingkan dengan naik transportasi umum di Lombok seperti Bemo (shuttle bus) atau Cidomo (kereta kuda). Sewa mobil 8 jam yang disediakan bersama supirnya dapat dikenai biaya lokal sebesar Rp300.000. Layanan ini akan memungkinkan Anda untuk menjangkau daerah-daerah yang tidak dilayani oleh transportasi umum karena bemo atau cidomo jarang ditemukan di Mataram dan sebagian besar ditemukan di luar kota.

Sewa mobil juga menawarkan layanan pemandu wisata gratis di samping sopir. Para pengemudi tahu betul tempat-tempat wisata yang kebanyakan dikunjungi oleh wisatawan atau tempat-tempat yang jarang dikunjungi tetapi berlimpah dengan sumber daya alam yang spektakuler karena mereka adalah penduduk asli daerah setempat. Jangan lupa untuk mendapatkan tarif tetap dari layanan untuk mencegah Anda berdebat saat membayar tagihan setelah menggunakan layanan.

  1. Uang tunai ekstra diperlukan. Tidak ada biaya untuk memasuki pusat kerajinan di Desa Banyumulek, desa tradisional Suku Sasak, Desa Sade, dan Kastil Lingsar. Namun, akan ada kotak sumbangan yang ditempatkan di beberapa tempat yang membutuhkan sumbangan sukarela Anda sekitar Rp5.000-10.000 untuk membantu mengembangkan desa-desa setempat.

Jumlah uang akan dibutuhkan untuk pembayaran sukarela dari pemandu wisata lokal yang dapat memberi tahu Anda secara rinci cerita dan sejarah di tempat wisata lokal. Karena itu perlu menyiapkan uang receh sebesar Rp5.000-10.000.

  1. Mampirlah ke tempat-tempat yang jarang dikunjungi ketika melakukan perjalanan di sekitar Pulau Lombok karena ada banyak tempat unik untuk dijelajahi selain tempat-tempat umum yang dikunjungi oleh wisatawan. Karena itu perlu untuk berangkat paling awal jam 7 pagi untuk memastikan Anda memiliki cukup waktu untuk menjelajahi tempat-tempat. Selama ini, Anda bisa melihat petani Sasak menanam benih padi di kabut pagi. Matahari terbit yang menyinari sawah-sawah hijau melengkapi pemandangan yang indah.

Momen ini bisa diambil oleh fotografer yang ingin mendapatkan pemandangan petani menanam padi, petani laki-laki mengolah sawah, serta pembeli tidak teratur yang membeli beras kering tanpa gabah dari petani. Anda dapat meluangkan waktu berbaur dengan penduduk setempat dengan menyapa dan memperkenalkan diri kepada mereka. Secara bertahap mereka akan menemukan kenyamanan untuk berbagi dengan Anda tentang kehidupan sehari-hari dan kegiatan mereka sebagai petani Sasak. Jika beruntung, Anda akan diundang oleh mereka untuk sarapan di pinggir sawah oleh mereka.

Mampirlah ke pasar tradisional terbuka yang terletak di sisi jalan. Ada hari, Senin dan Kamis, di mana semua pedagang dari seluruh wilayah Lombok berkumpul di tempat-tempat seperti pasar Sengkol, Lombok Tengah.

  1. Bersiaplah dengan tabir surya. Pulau Lombok terkenal dengan pantainya yang eksotis yang terbentang dari Lombok Barat ke Lombok Selatan. Pantai Senggigi dan tiga gili terletak; Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, terletak di Lombok Barat. Sementara pantai yang mempesona; Kuta, Tanjung Aan dan pantai Mawun, terletak di Lombok Selatan.

Ada beberapa macam kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai seperti berjemur, snorkeling, menyelam, serta berselancar. Sunblock wajib untuk dibawa karena sinar matahari di pantai bisa membuat Anda terbakar. Setidaknya dengan mengaplikasikan sunblock, Anda tidak perlu repot memikirkan sunburn dan bisa lebih asyik melakukan berbagai aktivitas di pantai.

  1. Bersiaplah untuk pesta di Gili dan Senggigi! Pesta malam di pulau itu minimal, tidak seperti yang di Bali populer dengan kehidupan meriah 24 jam. Pusat kota terlihat sepi dari berbagai kegiatan mulai pukul 10 malam.

Namun, jika Anda masih bersikeras menghabiskan kehidupan malam di Lombok, Anda bisa menuju ke Senggigi di mana puluhan kafe, pub karaoke, serta restoran makanan laut buka hingga larut malam.

Nikmati keindahan kehidupan malam jika Anda kebetulan menginap di Gili Trawangan. Turis akan terpikat oleh perayaan dan hiburan musik dan mereka dapat menari dengan kepuasan hati mereka sampai pagi tiba.